DPD II KNPI Jakarta Timur Perkenalkan Budaya Betawi di Acara Silatnas DPD II KNPI

Related

Ketua MPR Resmikan Sirkuit Nasional Zabaq Jambi

Jambi - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan...

Silaturahmi Perwakilan Angkatan Alumni SMA Diponegoro 1 Jakarta

Jakarta - Berawal dari komunikasi yang terjalin dari sesama...

Bambang Soesatyo Melepas Rally Motor Listrik Pertama di Indonesia

Bali - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan...

TRAVELOKA Kecewakan Customer, Customer Merugi

Jakarta - Traveloka yang merupakan sebuah layanan pemesanan tiket...

Share

- Advertisement -

Banjarmasin – Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sekelompok orang, serta diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian yang tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis.

Budaya sendiri merupakan suatu hal yang harus dilestarikan. Seperti halnya budaya Betawi yang merupakan budaya asal Ibukota DKI Jakarta. Budaya Betawi sendiri memiliki corak yang khas. Salah satu corak yang biasa ditampilkan di Budaya Betawi ialah ondel-ondel. Dan corak itu biasanya ada di kain maupun batik betawi.

Di budaya Betawi, ada yang namanya kain cukin. Kain ini biasanya dikenakan di leher sebagai aksesoris pelengkap yang membantu menghias penampilan. Kain Cukin ini sendiri banyak digunakan di event-event Betawi.

Seperti halnya pada saat Silatnas DPD KNPI Kabupaten Kota yang dilaksanakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kain Cukin yang menjadi ciri khas budaya Betawi ini diperkenalkan oleh perwakilan DPD II KNPI Jakarta Timur yang diwakili oleh Ketuanya, Ikhsan Akbar.

Ikhsan sendiri membawa kain cukin sebagai perkenalan budaya Betawi ke orang-orang diluar Jakarta yang masih banyak awam mengenai budaya Betawi. Ia sendiri memiliki misi untuk memperkenalkan kebudayaan Betawi kemanapun ia pergi.

Karena tidak dipungkiri Ikhsan sendiri tinggal di DKI Jakarta yang sudah seharusnya ia membawa budaya dimana ia tinggal. Ia memperkenalkan Budaya itu demi tersohornya budaya Betawi di kancah nasional maupun Internasional.

Ketika Ikhsan memperkenalkan budaya tersebut di ajang Silatnas DPD Kabupaten Kota KNPI, ternyata ia mendapat respon positif. Dan misi budaya yang ia bawa pun sukses dan diterima oleh perwakilan Gubernur Kalimantan Selatan.

Saat Diterimanya Kain Cukin Sebagai Misi Budaya

“Alhamdulillah Ciri Khas Budaya Betawi yang menjadi identitas DKI Jakarta yaitu Kain Cukin diterima Oleh Perwakilan Gubernur Kalimantan Selatan.” Ujar Ikhsan.

Ia sendiri merasa bangga karena ia bisa memperkenalkan budaya Betawi dan mengudara di Kalimantan Selatan.

“Semakin banyak orang tau tentang budaya betawi, semakin terkenal budaya khas Ibukota DKI Jakarta ini. Saya tidak akan berhenti menyebarkan misi budaya kemanapun saya melangkah.” Tutup Ikhsan

- Advertisement -