Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Institut Transportasi dan Logistik Trisakti Bersama PT. Asrindo Jaya

Related

Alumni Fakultas Hukum USU Akan Melaksanakan Musyawarah IKA FH USU TAHUN 2022

Medan - Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (FH-USU) merupakan...

Jadi Agenda Konsolidasi, DPC PPP Jakarta Utara Gelar Musancab Serentak

Jakarta - DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Jakarta...

Adili Dan Tutup PT. SMGP di Mandailing Natal

Medan - Keselamatan nyawa masyarakat seakan tidak begitu penting...

Share

- Advertisement -

Jakarta – Institut Transportasi dan Logistik terkhususnya Fakultas Transportasi dan Logistik bersama dengan Mitra PT. Asrindo Jaya Konsultan melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yaitu “Penerapan Metode SWOT Pada Analisis Daya Saing Terminal Kendaraan Domestik di Pelabuhan Patimban” melalui pendanaan bantuan Hibah Penelitian dampak MBKM dan PKM dari Direktorat Pendidikan Tinggi yang dilaksanakan pada hari Senin, 20 Desember 2021.

PkM ini dihadiri oleh Bapak Rio Lasse, MBA selaku Direktur Utama PT. Indonesia Kendaraan Terminal Tbk dan Bapak Usman Saroni selaku Direktur Keuangan dan SDM PT. Pengembang Pelabuhan Indonesia serta dengan jumlah peserta sebanyak 70 partisipan yang terdiri dari mahasiswa/i ITL Trisakti beserta instansi – instansi pemerintah dan badan usaha seperti Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Direktorat Kepelabuhan Kementerian Perhubungan, Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan, Dewan Transportasi Kota Jakarta, PT. Pengembang Pelabuhan Indonesia, PT. Indonesia Kendaraan Terminal Tbk, PT. Multi Terminal Indonesia dan PT. Salam Pacific Indonesia Lines.

Kegiatan PkM ini dilakukan karena adanya perhatian pada situasi Daya Saing Pelabuhan Indonesia saat ini masih dinilai kurang serta adanya pembangunan Pelabuhan Patimban yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing Pelabuhan di Indonesia.

Adapun tim dosen pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyakarat ini terdiri atas Bapak Dr. Ir. Sri Rahardjo, MPM, MBA selaku ketua serta Bapak Tedy Herdian, S.Kom, MM, Bapak Anton Ferdiansyah, SE, MM dan Bapak Iqbal Firmansyah, SST, MT sebagai anggota.

Melalui PkM ini, tim PkM memberikan pemaparan edukasi mengenai Interaksi Pembangunan Pelabuhan Tanjung Priok dan Patimban Menuju Penurunan Biaya Logistik dan Peningkatan Daya Saing, Daya Saing Secara Umum dan di Pelabuhan, Metode SWOT serta Studi Kasus Analisis Daya Saing Terminal Kendaraan Domestik di Pelabuhan Patimban dengan menggunakan metode SWOT.

Tentunya dalam meningkatkan daya saing Pelabuhan bukanlah suatu perjalanan yang singkat dan proses yang mudah. Oleh karena itu dalam meningkatkan daya saing sangat diperlukan dorongan dan dukungan dari semua pihak baik dari akademik dalam menghasilkan SDM yang berkualitas, Badan Usaha serta kebijakan – kebijakan pemerintah dalam mendukung proses tercapainya daya saing pelabuhan – pelabuhan di Indonesia.

- Advertisement -