Kongres Kebangsaan, Peringati Hari Sumpah Pemuda

Related

Ketua MPR RI Bamsoet Tantang Ducati Produksi Motor Listrik

Jakarta - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan...

M.Fajar Hasan: Tahun Politik 2023, Kita Berharap Iklim Investasi RI Stabil

Jakarta - Muhammad Fajar Hasan, pengusaha asal Sulawesi Tenggara...

1O1 URBAN Jakarta Kelapa Gading Gelar Nonton Bareng FIFA World Cup Qatar 2022 

Jakarta - Bagi pecinta sepak bola, Piala Dunia tentu sangat dinantikan. Rela bergadang demi menyaksikan timkesayangan yang bertanding di lapangan hijau. Nah, bagikalian pecinta sepak bola tak perlu khawatir. Sebab, 1O1 URBAN Jakarta Kelapa Gading telahmendaftarkan “Café Komunal” sebagai tempat nontonbareng FIFA...

Share

- Advertisement -

Jakarta – Forum kebangsaan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, Mengadakan Kongres Kebangsaan yang dihadiri oleh banyak keynote speaker yang merupakan tokoh-tokoh penting di Indonesia.

Kongres yang diadakan daring melalui Zoom ini mengusung tema “Ikhtiar Memperadabkan Bangsa”. Kongres ini juga mengundang Presiden Joko Widodo sebagai Pidato Kunci pengisi kongres yang sekaligus memperingati Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda adalah ikrar kebangsaan yang mendobrak sekat-sekat primordialisme, dan menuntut kesadaran kolektif kita, bahwa di tengah kemajemukan kita sebagai sebuah bangsa, satu-satunya cara untuk dapat bertahan dari pusaran peradaban dan dinamika zaman, adalah dengan men-transformasikan setiap diri kita sebagai bagian dari satu ke-Indonesiaan.

Sebagaimana pandangan Bung Karno, bahwa frase “dari Sabang sampai Merauke” bukanlah rangkaian kata- kata yang sekedar me-representasikan entitas geografi, melainkan satu entitas kebangsaan, satu entitas kenegaraan, satu kesatuan tekad, satu kesatuan ideologi, dan satu kesatuan cita-cita sosial yang hidup dalam gelora semangat kebangsaan dalam membangun peradaban.
Sejarah membuktikan, bahwa mustahil membangun peradaban tanpa adanya semangat kebersamaan.”

Semangat inilah yang menjiwai, dan menjadi sumber inspirasi bagi penyelenggaraan Kongres Kebangsaan pada hari ini.

- Advertisement -