Resimen Mahasiswa Jayakarta Gelar Latihan Kepemimpinan Putri Nasional 2021

Related

Ketua MPR Resmikan Sirkuit Nasional Zabaq Jambi

Jambi - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan...

Silaturahmi Perwakilan Angkatan Alumni SMA Diponegoro 1 Jakarta

Jakarta - Berawal dari komunikasi yang terjalin dari sesama...

Bambang Soesatyo Melepas Rally Motor Listrik Pertama di Indonesia

Bali - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan...

TRAVELOKA Kecewakan Customer, Customer Merugi

Jakarta - Traveloka yang merupakan sebuah layanan pemesanan tiket...

Share

- Advertisement -

Jakarta – Untuk membekali ilmu dan wawasan tentang kepemimpinan putri, Resimen Mahasiswa Jayakarta menyelenggarakan Latihan Kepemimpinan Putri Nasional Tahun 2021. Kegiatan akan dilangsungkan 21 – 24 Oktober 2021 bertempat di Politeknik Ahli Usaha Perikanan Jakarta. Kegiatan Latihan Kepemimpinan Putri Nasional mengusung tema “Aktualisasi Peran Wanita Di Era Modern”.

Dalam kegiatannya diikuti oleh kader srikandi Menwa dan mahasiswi umum dari 21 Provinsi di Indonesia (Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Lampung, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Bali, Papua Barat, Maluku, Yogyakarta, Jambi dan Sulawesi Tenggara) dengan peserta didik yang berjumlah 189 Peserta, diikuti secara offline 117 peserta dan 72 peserta melalui meeting zoom online, dalam acara ini tentu secara ketat tetap melakukan protokol kesehatan dalam berkegiatan.

Adapun dalam pembukaan diadakakannya Stadium General mengenai;

-Akibat Sex Bebas bagi Kesehatan wanita oleh Dr. Rovita Nur Aini, M.Kes

-Sosialisasi UU Perempuan oleh Komnas Perempuan oleh Olivia Ch. Salampessy

-Peran wanita dalam partai politik oleh Hj. Rani Mauliani

-Selanjutnya materi lain yang diberikan ialah mengenai Leadership yang disampaikan oleh Dr. Ita Junita Puspa Dewi, A.Pi, M.Pd,

-Materi Tantangan Perempuan Parlemen oleh Dr. Hj. Anis Byarwati, S.Ag., M.Si.,

-Materi Problem Solving oleh Diah Ayu Permatasari, ST, S.IP, M.IR,

-Public Speaking oleh Tri Alida Apriliana, SIP. M.Ikom,

-Protokoler oleh Joni Fentriana, Table Manner oleh Dra. Mutiara Dahlia, M.Kes dan Yeni Yulianti, M.Pd,

-Enterpreneur Digital oleh Farid Rifai,

-Peraturan Umum Dinas Dalam (PUDD) oleh Bunda Dyah,

-Beauty Class oleh Wardah Cosmetics dan Wawasan Kebangsaan oleh Jay Aryaputra Singgih, BA, SH, MM, MBA.


Latihan Kepemimpinan Putri Nasional (LAPINTRINAS 2021) merupakan salah satu instrumen pelatihan Menwa Jayakarta yang diperuntukkan guna membentuk putri yang berjiwa pemimpin, inovatif, dan tangguh. Dalam pembukaan kegiatan pada 22 Oktober 2021 dihadiri secara langsung oleh Komandan Resimen Mahasiswa Jayakarta, Direktur Politeknik Ahli Usaha Perikanan dan dibuka secara resmi bersama dengan sambutan oleh Bapak H. Anies Rasyid Baswedan, S, E., M.P.P., Ph.D selaku Gubernur DKI Jakarta.


Melalui kegiatan LAPINTRINAS 2021, Bapak Gubernur DKI Jakarta mengharapkan peserta didik dapat menyerap segala ilmu yang diberikan dan akan menjadi pemimpin dan pejabat muda yang sesungguhnya. Pemimpin yang menganggap sebuah peluang sebagai langkah kesempatan untuk maju.

Ketika menjadi pemimpin sudah pasti menjadi pejabat, namun ketika kita menjadi pejabat belum tentu menjadi pemimpin. Sebagaimana mengutip pendapat beliau, “Seseorang bisa dikatakan pemimpin jika ia memiliki pengikut sukarelawan, yang didapatkan dengan rumus ( T = C + + – SI ). Hubungan kepercayaan (trust) dapat dibangun dengan kompetensi (Competence), integritas
(Integration), kedekatan (Intimasy) dan dikurangi dengan kepentingan akan diri sendiri (Self Interest).”

Pada Minggu Sore, 24 Oktober 2021 melalui sambutan sekaligus penutupan oleh Bapak Ir. H. Ahmad Riza Patria, M.B.A selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta dan Dankonas Menwa Indonesia, beliau berpesan dengan telah dilaksanakannya giat LAPINTRINAS 2021 diharapkan ilmu yang didapat bermanfaat dan mengimplementasikannnya dalam kehidupan serta ikut berperan aktif, terutama penguatan karakter serta kemampuan untuk memimpin diri sendiri, selalu memanfaatkan peluang dan kesempatan dengan sebaik-baiknya.

- Advertisement -