Sumur Resapan Banyak Yang Nyinyir, Poros Rawamangun : Padahal Banyak Manfaatnya

Related

Ketua MPR Resmikan Sirkuit Nasional Zabaq Jambi

Jambi - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan...

Silaturahmi Perwakilan Angkatan Alumni SMA Diponegoro 1 Jakarta

Jakarta - Berawal dari komunikasi yang terjalin dari sesama...

Bambang Soesatyo Melepas Rally Motor Listrik Pertama di Indonesia

Bali - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan...

TRAVELOKA Kecewakan Customer, Customer Merugi

Jakarta - Traveloka yang merupakan sebuah layanan pemesanan tiket...

Share

- Advertisement -

Jakarta – Banjir sendiri tidak dipungkiri sudah sering terjadi di wilayah Ibukota DKI Jakarta sejak jaman belanda. Banyak hal sudah dilakukan untuk menangani luapan air ini. Mulai dari pembesihan bantaran kali, normalisasi dan masih banyak lagi. Namun belakangan ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menggalakkan program visioner, pembangunan sumur resapan di 350.000 titik di DKI Jakarta dalam kurun waktu 2 tahun.

Program ini sendiri sedang dalam proses pengerjaan di berbagai titik di wilayah DKI Jakarta. Banyak pro kontra terkait sumur resapan ini. Salah satu yang pro terhadap program ini ialah Rudy Darmawanto. Ia mengatakan bahwa program ini bisa bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya yang berada di DKI Jakarta.

Rudy Darmawanto, Ketua Poros Rawamangun

Pria yang merupakan Ketua poros rawamangun ini mengatakan bahwa pikiran Gubernur Anies Baswedan merupakan pemikiran yang bagus. Menurutnya memang sudah seharusnya Air yang jatuh ke tanah harus kembali ke tanah.

“Saya kira pemikiran untuk membuat sumur resapan ini merupaka pikiran yang visioner dan sehat. Istilahnya ada sunatullah air jatuhnya ke tanah dan harus kembali ke tanah. Itu sendiri merupakan proses sirkulasi alam.” Ujar Rudy

Menurutnya salah satu manfaat sumur resapan ini ialah tersedianya air tanah yang menjadi salah satu sumber air bersih masyarakat di Jakarta. Karena, air bersih ini menjadi problem bagi masyarakat. Namun jika dengan Sumur Resapan ini, maka Air Tanah ini tidak menjadi problem karena sudah ditampung dan masuk ke tanah melalui sumur resapan ini.

“Tak hanya pengendalian air hujan serta banjir, namun juga ini bisa jadi sumber air tanah yang merupakan salah satu air bersih yang digunakan oleh masyarakat DKI Jakarta. Problem-Problem Air Bersih yang selama ini ada bisa berkurang.” Tambahnya

Selain dari itu, menurutnya jika Sumur Resapan ini bisa di kelola dengan Swakarya Padat Karya dengan menggandeng ormas sebagai SDM nya, Ia yakin Sumur Resapan ini bisa bermanfaat di sektor Ekonomi bagi masyarakat kecil yang terlibat.

“Coba kita bayangkan sejenak, 10ribu titik sumur resapan dgn swakelola padat karya dengan menggandeng ormas untuk SDM nya, bisa berapa banyak warga yang dapat tambahan penghasilan.  Gairah ekonomi akan terasa lebih deras. Dan artinya gerakan sumur resapan ini bisa menjadi gerakan masyarakat”. Pungkasnya

Dengan segudang manfaat ini, ia heran masih banyak yang nyinyir terkait sumur ini namun tidak memberikan kritik yang membangun. Menurutnya banyak yang salah persepsi terkait teknis di lapangan.

“Ya kalo memang salah teknis kan bisa dibicarakan dengan baik-baik. Nanti bisa kita perbaiki. Kritik juga harus ada proses membangun. Kalo kritik itu fakta, kalo nyinyir itu fitnah.”  Tutup Rudy

- Advertisement -