Biantra : Kita Harus Dorong Digitalisasi UMKM

Related

Ketua MPR RI Bamsoet Tantang Ducati Produksi Motor Listrik

Jakarta - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan...

M.Fajar Hasan: Tahun Politik 2023, Kita Berharap Iklim Investasi RI Stabil

Jakarta - Muhammad Fajar Hasan, pengusaha asal Sulawesi Tenggara...

1O1 URBAN Jakarta Kelapa Gading Gelar Nonton Bareng FIFA World Cup Qatar 2022 

Jakarta - Bagi pecinta sepak bola, Piala Dunia tentu sangat dinantikan. Rela bergadang demi menyaksikan timkesayangan yang bertanding di lapangan hijau. Nah, bagikalian pecinta sepak bola tak perlu khawatir. Sebab, 1O1 URBAN Jakarta Kelapa Gading telahmendaftarkan “Café Komunal” sebagai tempat nontonbareng FIFA...

Share

- Advertisement -

Jakarta – Penyebaran virus Covid-19 berimplikasi multidimensi. Selain kesehatan, Covid-19 nyaris merontokkan roda perekonomian Indonesia. Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu penggerak ekonomi nasional juga terkena dampaknya.
Bank Indonesia (BI) menyebutkan, sebanyak 87,5 persen UMKM di Indonesia terdampak pandemi Covid-19. Sementara itu, sebanyak 93,2 persen UMKM terdampak pada sisi penjualan yang menurun.

Meskipun begitu, UMKM tetap harus diselamatkan dengan terus mendorong pelaku-pelaku UMKM beralih ke ekosistem digital.

“Di tengah suasana pandemi seperti ini, sektor UMKM membutuhkan dukungan yang lebih konkret, salah satunya dengan melakukan digitalisasi UMKM sehingga para pelaku UMKM ini tetap beroperasi dengan bantuan teknologi digital,” kata Biantra, Senen (9/11).

Menurut Biantra Wiyogo, pengusaha muda sekaligus calon Ketua HIPMI Jakarta Barat ini, memang tidak mudah melakukan digitalisasi UMKM mengingat banyaknya persoalan yang dihadapi. Di antara persoalan tersebut adalah minimnya literasi digital dan kesiapan pelaku UMKM itu sendiri.

“Hingga saat ini kita masih punya masalah terkait literasi digital. Literasi digital masyarakat kita masih minim. Masalah lain adalah kesiapan pelaku sektor UMKM untuk beradaptasi dengan teknologi digital. Karena, tak semua pelaku usaha mikro punya akses ke internet”, jelas Biantra.

Namun demikian, Biantra tetap optimis UMKM masih bisa bangkit dengan terus mendorong UMKM beralih ke teknologi digital.

“Strategi yang bisa kita lakukan adalah dengan meningkatkan training bagi pelaku UMKM agar lebih mudah memanfaatkan teknologi digital khususnya bagi mereka yang selama ini belum terjamah internet. Strategi berikutnya adalah pembangunan infrastruktur jaringan internet. Strategi ini perlu dipercepat agar seluruh lapisan masyarakat (pelaku UMKM) bisa mendapatkan manfaat dari teknologi digital”, ungkap Biantra.

- Advertisement -